Buku Terbaru

Pelajar Sadar Lingkungan


Akhir-akhir ini kita melihat di berita online dan media cetak bahwa ada 5 kecamatan yang ada di Hulu sungai tengah akan di tambang. Tentunya jika di tambang, artinya ada perampasan atas hak masyarakat dan juga dapat mencemari lingkungan karena limbah-limbah serta akan menghancurkan ekosistem yang telah ada. 

Hal ini menjadi perhatian warga Kalimantan Selatan. Karena kalau seandainya ijin tambang itu keluar maka bisa kita bayangkan bagaimana pegunungan Meratus yang satu-satunya lagi sumber kehidupan masyarakat Kalimantan Selatan di tambang dan di cemari oleh limbah-limbah. 

Hari ini peran kesadaran lingkungan pelajar sangat penting. Kenapa ?
Karena pelajar adalah orang masa depan yang akan mengisi serta mengatur alam di masa depan. Kesadaran ini penting. Karena mereka harus mampu untuk memelihara bumi yang mereka tinggali hari ini, agar masih layak untuk di tinggali di masa depan nanti.

Pelajar harus peka akan alam. Karena kalau semuanya apatis terhadap lingkungan maka siapa lagi yang akan peduli. Aksi-aksi yang di lakukan tentu sangat mudah kita mulai dengan diri sendiri. Dengan membuang sampah pada tempatnya. Tentu ini akan menjadi kebiasaaan. Dari hal yang kecil menjadi hal yang besar. 

Tentu kita sebagai pelajar kaum para intelektual harus terus kritis terhadap ketidakadilan alam. Karena semua kehidupan mempunyai hak hidup yang sama di bumi Tuhan.

Penulis : Muhammad Firdaus
Sekbid Advokasi PW IPM Kalsel

No comments