Buku Terbaru

Pengalaman Awal Berorganisasi di IPM



Assalamuaalaikum warahmatullahi wabarakatuh. Halo sahabat kader seperjuangan yg diridhai oleh Allah, di sini Saya akan berbagi sedikit tentang pengalaman Saya berada di organisasi yang bernama IPM. Sebelum ke cerita Saya mau bertanya dulu, apa sih IPM itu?  IPM ialah Singkatan dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah, sedangkan arti secara luas ialah suatu organisasi Otonom persyarikatan Muhammadiyah yang merupakan gerakan islam, dakwah Amar maruf nahi Munkar dikalangan pelajar/remaja yang bersumber pada Al-Quran dan Sunnah.

Selanjutnya Saya akan menceritakan pengalaman Saya di IPM, awal mula Saya kenal IPM itu di Sekolah MTs Muhammadiyah 3 Al Furqon Banjarmasin, di situ tidak Cuma dijelaskan tentang IPM tapi tentang Muhammadiyah dan jajarannya, yang sama sekali tidak Saya mengerti, maklum Saya dari NU masuk ke Muhammadiyahkan wajar tidak tahu, awalnya Saya suka membanding-bandingkan NU dengan Muhammadiyah, tapi saat Saya belajar dan belajar dan tahu Muhammadiyah itu Saya tidak lagi membanding-bandingkan, Saya berpikir untuk apa seperti itu, lebih baik kita bersatu menjalin tali silaturahmi.

Lanjut cerita saat bergabung di IPM itu, Saya berniat untuk dikenal teman-teman, bahkan agar jadi terkenal di sekolah, namun niat itu Saya buang jauh-jauh karena tidak ada gunanya.

Setelah sudah jadi pengurus IPM, Saya di posisi bidang ASBO pada periode pertama dan periode ke dua Saya diletakkan di bidang perkaderan, di periode pertama Saya kurang aktif karena Saya belum betul-betul mengenali IPM, nah pada saat periode kedua ini lah Saya kenal betul dengan IPM, kenpa bisa? Karena Saya sering diajak ke acara yang diadakan oleh IPM juga seperti Milad IPM, Seminar dll. Dari situlah Saya mendapatkan motivasi yang begitu banyak, melalui IPM Saya banyak berubah mejadi lebih baik dari yang sebelumnnya.

Yang dulunya Saya ikut ikutan komunitas yang nggak jelas suka nongkrong malam, balapan liar yang sama sekali tidak ada gunanya sekarang sudah tidak lagi. Karena di sibukkan dengan organisasi dan kegiatan yang bermanfaat.

Sempat waktu itu Saya merasa tidak di hargai oleh pengurus IPM yang tidak suka dengan Saya, dan Saya menyatakan ingin keluar dari IPM. Setelah Saya menyatakan ingin keluar Saya di nasehati oleh ketua umum Saya, akhirnya Saya tidak jadi keluar karena Saya merasa masih ada yang peduli.

Begitu banyak yang Saya dapat di IPM, awalnya Saya yang belum bisa bercakap di depan orang banyak karena tidak percaya diri, kini Saya berani dan begitu banyak ilmu yang telah Saya dapatkan, apalagi di saat TM 1 taruna melati atau pelatihan Kader, nah di situ Saya mendapatkan bekal untuk berorganisasi dengan baik, dan hal yang dilakukan IPM itu pasti bersifat positif, itu yang Saya suka dari IPM. 

Sebelumnya Saya lupa mau ngasih tahu kalo IPM itu ada tingkatan nya yaitu, Pimpinan Ranting IPM, Pimpinan Cabang IPM, Pimpinan Daerah IPM, Pimpinan Wilayah IPM, dan terakhir pimpinan pusat IPM, nah yang Saya ceritakan tadi itu Saya berada di IPM Ranting MTs Muhammadiyah 3 Al Furqon, Saya juga berada di pimpinan daerah IPM, Saya senang masih berIPM, walaupun tanggung jawab Saya lebih besar lagi, Saya pun berusaha melaksanakannya dengan sebaik mungkin.

Di daerah Saya banyak mendapatkan teman-teman yang baik, ada yang berasal dari sekolah lain bahkan juga yang bekerja masih bisa ikut organisasi IPM, saat di IPM Daerah juga Saya mengikuti TM2 nah di situ Saya mendapatkan lebih banyak lagi ilmu yang belum Saya tahu, di TM2 itu di latih untuk mandiri, makan dengan lauk seadanya, tapi Saya mengikutinya dengan baik, dan banyak juga mendapatkan teman dari daerah lain seperti di Banjarbaru, Martapura, dan Kotabaru, kami di situ saling bicara tentang IPM dan lain sebagai nya.

Beberapa tahun sudah Saya mengikuti IPM banyak hal yang dapat Saya dapat selama di IPM, mendapatkan teman yang banyak, mendapatkan ilmu mengenai organisasi, belajar menjadi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi di kalangan pelajar, dan yang paling utama yaitu Saya lebih mengetahui Muhammadiyah.

Mungkin sekian dulu cerita Saya, maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisan. Terimakasih dan selamat membaca untuk teman-teman semua. Akhir kata Saya ucapkan NUUN, WAL QALAMI WAMAA YASTHURUUN, Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tarmidzi Abbas
PD IPM Banjarmasin
Peserta Lomba Menulis Cerita Aku dan IPM

No comments