Buku Terbaru

Perjalananku di IPM



Dulu Saya adalah seorang yang tidak pemahaman dengan suatu ilmu, cukup sulit Saya untuk memahaminya, dan sebelum terjun ke organisasi IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) Saya masuk sekolah dasar non Muhammadiyah dan sebelumnya tidak pernah ikut organisasi sama sekali, khususnya organisasi di kalangan pelajar dan Saya masih belum tahu apa itu organisasi.

Pada saat Saya memasuki sekolah Muhammadiyah yaitu Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 3 Al furqan Saya mulai mengenal banyak organisasi otonom Muhammadiyah yaitu: HW, TS, IPM, dll.

Namun, yang membuat Saya tertarik yaitu organisasi IPM ini, karena ini adalah organisasi yang pertama Saya kenal pada saat Fortasi. Pada saat itu Saya melihat para pengurus IPM ini dan Saya melihat kinerja mereka yang lumayan baik.

Saya melihat sekilas bahwa IPM ini adalah organisasi sekolah seperti OSIS. Setelah itu Saya mulai tertarik untuk masuk IPM dan Saya pun mendaftarkan diri untuk masuk IPM dengan cara seleksi atau screening test.

Namun impian Saya itu belum tercapai, Saya belum berhasil masuk ke organisasi IPM karena banyaknya yang mendaftar untuk masuk IPM ini dan masih ada yang lebih baik dipilih dari pada Saya.

Tapi setelah itu Saya tidak berhenti untuk terus mencari tahu bagaimana kinerja IPM di ranting MTs Alfurqan selanjutnya. Saya mulai bertanya tanya kepada salah satu pengurus IPM di ranting tersebut tentang IPM dan banyak yang Saya dapat dari dia tentang IPM.

Setelah beberapa bulan selanjutnya, pada saat di PR IPM MTs Alfurqan melaksanakan musyawarah ranting setelah itu IPM ranting Alfurqan masuk ke periode selanjutnya dan terpilihlah pimpinan baru pada saat itu.

Tidak lama setelah itu Saya di panggil oleh salah satu pengurus IPM ranting tersebut dan diajak untuk ikut organisasi IPM MTs Alfurqan. Saya sangat senang pada saat itu dan menerima tawaran tersebut.

Masa Saya untuk mengetahui lebih dalam tentang IPM itu tidak hanya sampai situ saja, namun pada saat Saya baru masuk organisasi pun Saya masih ingin memperdalam pengetahuan tentang  organisasi ini dan malah rasa ingin tahu tersebut terus bertambah tambah.

Setelah beberapa bulan Saya di IPM, Saya sudah mulai paham dengan bagaimana cara berorganisasi dan lain lain yang ada di IPM, namun jejak Kami berIPM ternyata tidak hanya sampai di situ.

Setelah 1 periode Kami menjalankan amanah ini di ranting MTs Alfurqan, banyak program kerja yang Kami laksanakan, maka Kami mengadakan Musyawarah Ranting dan ketua pelaksananya adalah Saya kemudian Saya juga yang terpilih menjadi ketua umum Pimpinan Ranting IPM MTs M3 Alfurqan.

Tiba lah masa Saya memimpin suatu organisasi untuk mengemban amanah baru dalam 1 periode kedepan. Pada saat itu Saya mulai belajar menjadi pemimpin yang baik, tegas, dan disiplin. Banyak pengalaman yang Saya dapatkan selama memimpin IPM MTs Alfurqan ini.

Pada saat Saya menjadi seorang pemimpin, Saya tambah senang dan tujuan Saya tidak hilang di pemikiran Saya, yaitu mencari tahu lebih dalam tentang IPM, mulai lah saya memimpin organisasi ini sampai periode selanjutnya.

Setelah beberapa bulan, Kami diikutkan dalam acara Musyawarah Daerah IPM Kota Banjarmasin di SMKM 3 Kota Banjarmasin dan setelah acara itu, Saya diajak untuk masuk ke organisasi IPM Pimpinan Daerah Kota Banjarmasin oleh salah satu pengurus IPM tersebut. Saya pun menerima ajakan tersebut karena itu adalah salah satu kesempatan Saya juga untuk mengetahui lebih dalam tentang IPM.

Setelah kurang lebih satu bulan kemudian, ranting IPM MTs Alfurqan mengadakan acara pelantikan pengurus baru ranting IPM MTs Alfurqan di aula Pontren Alfurqan.

Setelah pelantikan tersebut, Kami memulai beberapa program kerja hingga sampai sekarang Kami tetap melaksanakan amanah yang kami emban tersebut.

Selama saya berorganisasi di IPM, Saya banyak sekali mendapatkan ilmu. Tidak hanya ilmu tentang cara berorganisasi, tetapi banyak lagi seperti Ke Islaman, KeMuhammadiyah, KeIPMan dan banyak lagi. Tidak hanya ilmu juga yang saya dapatkan, tetapi pengalaman yang banyak dan indah.

Hingga sekarang Saya tetap teguh dengan tujuan Saya yaitu mengetahui lebih dalam tentang IPM ini.

Karena IPM lah Saya yang dulu tidak pemahaman dengan ilmu, sekarang Saya mudah untuk memahaminya, karena melalui IPM lah Saya mendapatkan pengalaman yang banyak.

Terima kasih IPM.

Nama:Haris alfarisi
PD IPM Banjarmasin
Peserta Lomba Cerita Aku dan IPM

No comments